Tuesday, June 16, 2009

Tragedi Kurma

Namanya juga pedagang, hari esok harus dipikirkan, detik, hari, bulan bahkan tahun sebisa mungkin di planning demi kemajuan bisnisnya, hehe. Begitu juga yang terjadi dengan usaha dagang saya. Cerita asal cerita demi menyongsong bulan suci Ramadhan agar badan fit dan stamina oke maka kepikiran lah menjual sari kurma, madu, dan habbatussauda. Saya kirimlah ke kalimantan barat tempat bernaungnya usaha dagang. Saya order sari kurma 60 botol, madu 40 botol, dan habbats 10 botol. Semuanya ada 3 koli.

Waktu membeli, suami inginnya beli madunya pakai plastik saja bukan yang pakai botol, nanti dirumah dibotolkan sendiri lebih besar untungnya. Trus botolnya di beli di pasar. Masya Alloh kebayang lah dalam pikiran akan repotnya kalo memasukkan madu ke dalam botol. Menari-narilah bayangan rumah yang berantakan penuh dengan ceceran madu dimana-mana, semut berdatangan, anak nangis, nda sempat beres-beres. huuiiiff. Repot. Akhirnya saya "memaksa" agar belinya pakai botolan. hehe. Suami pun mengalah:D

Tetapi malang tak bisa ditolak, ternyata botol madu pecah di jakarta, 10 botol, berarti kerugian yang ada. Pihak kargo menyalahkan kenapa tidak memberi tahu kalo itu sari kurma dan madu, lah wong mereka nda nanya detil, karena sang kurir yang mengantar ke bandara mengatakan kurma. Akhirnya lebih baik pasrah, menganggapnya sebagai ongkos pembelajaran. hihi. Sebenarnya memang tidak boleh mengirim cairan di pesawat. Alasannya yang dari kargo ga jelas kenapa tidak boleh ada cairan. Kargo bilang sebenarnya "boleh saja asal di pack pake kayu". Loh kok ga bilang dari awal ya. Seperti melempar tanggung jawab malah katanya "madu ga boleh karena ada ALKOHOL nya!!" What, seketika itu juga saya yang sedang jadi ibu cerewet marahin kargo lewat telpon, semakin cerewet. "Apa katamu, madu beralkohol bisa saya tuntut kamu, ceilee. haha. Ya mau gimana lagi, alasannya simpang siur.

Saya tutup pembicaraan dengan mengatakan, "kirimkan semua koli yang ada biar cuma serpihan kaca". huahaha. Akhirnya setelah beberapa hari tibalah sari kurma cs. Sudah bisa di tebak, bapak saya pasti akan menggelar ceramah dadakan. Betul sekali bapak heboh, "loh packingnya kok begini" hehe. Dan bapak menjelaskan bahwa bahaya cairan karena kan di taruh di bagasi, maka jika cairan nyecer trus merembes kena kabel, maka pesawat bisa dalam keadaan Gaswat.

Pembelajaran bisnisnya adalah kirim kurma dan madu jangan lewat pesawat, pilihlah kapal dengan 4 hari sudah sampai. Jangan lupa ngepack dengan kayu. Aman.


2 comments :

  1. mao lah kak rumah baru...undang2 lah kite neh?!!!

    ReplyDelete
  2. mao lah kak rumah baru...hehhehe!! kapan neh mo ngundang kita2??!

    ReplyDelete

Copyright © 2014 Senang di Rumah